Wanita, Begini Tips Aman ketika Berkendara Sendiri


Wanita kerap kali dijadikan target kejahatan oleh pelaku-pelaku kriminal. Alasan yang biasa dipakai pelaku ialah karena kebanyakan perempuan tidak memiliki kemampuan bela diri yang mumpuni. Sehingga, tidak akan bisa melawan jika sedang menjadi korban tindakan kriminalitas. Nah, kamu tentu tidak ingin mengalami hal buruk serupa saat sedang mengemudikan kendaraan yang baru kamu beli dari lembaga kredit mobil bekas Bekasi, kan? Untuk itu, yuk simak tips aman saat sedang berkendara sendiri berikut!

1. Selalu kunci pintu kendaraan

Hampir semua mobil-mobil keluaran terbaru sudah punya sistem kunci otomatis ketika kendaraan dijalankan. Sementara mobil-mobil keluaran lama ada yang masih belum punya sistem kunci otomatis. Nah, jika mobil bekas yang baru kamu beli seperti ini adanya, jangan lupa untuk selalu kunci semua pintu kendaraan sebelum berkendara, ya. 

Pun ketika kamu sedang berhenti di lampu merah, tak apa buat sesekali mengecek tombol kunci di mobilmu. Dengan melakukan ini, kamu bisa meminimalkan risiko kejahatan atau tindakan kriminal saat sedang berkendara seorang diri.

2. Selalu inspeksi kendaraan

Poin ini perlu kamu lakukan setelah kamu berhenti atau transit di sebuah tempat, misalkan pom bensin, minimarket, dan lain sebagainya. Setelah kembali dari peristirahatan, penting buat kamu untuk mengecek bagian kursi belakang terlebih dahulu sebelum melanjutkan perjalanan. Pasalnya, pelaku kriminal suka menyelip di jok belakang mobil pengemudi wanita untuk melancarkan aksi jahatnya. Jika sudah aman, barulah kamu bisa kembali melanjutkan perjalananmu.

Jangan pernah juga membunyikan alarm untuk membuka pintu mobil saat kamu masih jauh dari area mobil. Sebab ini akan memberikan kesempatan pada oknum untuk masuk dan bersembunyi di dalam mobilmu. 

3. Hubungi pihak tepercaya

Tentu tidak ada pengendara wanita yang mau mengalami ini, namun jika suatu waktu mobilmu mogok di tengah perjalanan, langsung hubungi pihak tepercaya. Orang-orang reliabel yang dimaksud bisa berupa petugas jalan (misal jika kejadiannya di jalan tol), polisi, anggota keluarga, atau teman kamu. Di saat genting begini, kemungkinan besar memang ada saja orang asing yang ingin membantu. Akan tetapi, kamu tetap harus waspada dan berhati-hati pada orang tak dikenal. Sebab, bisa jadi orang itu malah melakukan hal jahat pada kamu.

4. Jangan asal menepi jika ada kendaraan lain menyuruhmu berhenti

Melansir laman Women Against Crime, beberapa tindakan kejahatan yang melibatkan korban seorang wanita bermula dari pemberian tanda berhenti dari kendaraan lain. Biasanya, tanda ini berupa kedipan lampu dan diikuti dengan arahan untuk menepi karena ada yang salah dengan mobil pengendara. 

Nah, kalau kamu mengalami situasi ini di jalanan sepi, jangan pernah coba untuk menepi. Sebab, itu bisa jadi hanya akal-akalan penjahat untuk melakukan aksi jahatnya pada kamu. Misalkan kamu khawatir memang ada hal yang tidak beres dengan mobilmu, kamu bisa terus melanjutkan perjalanan lebih dulu sampai bertemu lokasi ramai orang dan aman untuk menepi. Atau lebih aman lagi jika kamu pergi ke lahan parkir kantor polisi dan memeriksa mobilmu di sana sambil meminta perlindungan.

Itulah dia 4 tips berkendara aman untuk wanita yang mengemudikan mobilnya seorang diri. Semoga informasi di atas bisa bantu kamu dan buat kamu merasa lebih aman, ya. Hati-hati selalu!